Selasa, 13 Mei 2014

Etika Menerima telepon dan Menelepon

Etika Menerima Telepon dan Menelepon

1.Pengertian Etika Bertelepon
    
        Etika adalah tata cara atau aturan-aturan yang baik. Sedangkan bertelepon adalah salah satu cara komunikasi seseorang dengan orang lain yang jaraknya jauh sehingga tidak mungkin bisa dilakukan dengan suatu alat. 

         Jadi etika bertelepon adalah tata krama, sopan-santun,tata pergaulan dalam   bertelepon (menerima-melakukan kontak telepon) yang meliputi berbicara dengan jelas, tegas, terkesan ramah, hangat dan bersahabat.     

2. Langkah-langkah dan teknik menerima telepon.


      1. Mengangkat dengan segera bila telepon berdering,

      2. Memperkenalkan diri terlebih dahulu bila menerima atau menghubungi seseorang,

      3. Menggunakan bahasa yang formal,baik,sopan dan tepat,

      4. Menyapa penelepon dengan sebutan ibu atau bapak,
      5. Berbicara dengan jelas,ramah dan menyenangkan,
      6. Bertanya dengan bijaksana,
      7. Mencatat pesan atau pembicaraan,
      8. Mengucapkan terima kasih dan salam pada bagian akhir pembicaraan,
      9. Meletakkan gagang telepon dengan jelas.


3. Langkah-langkah dan teknik menelepon
  1. Siapkan nomor telepon yang akan dihubungi
  2. Tekan nomor telepon yang dituju dan bila sudah tersambung dan pihak yang dituju sudah menggangkat, ucapkanlah salam. Sebelum mengutarakan maksud dan tujuan pastikan bahwa nomor yang dituju benar.
  3. Sebutkan identitas diri anda dengan jelas lalu kemukakan keinginan anda untuk berbicara dengan orang yang dituju.
  4. Berikanlah selalu kesan ramah dan ucapkan salam penutup untuk mengakhiri pembicaraan.      
4.    Cara menggunakan telepon yang baik
  1. Pegang gagang telepon dengan baik menggunakan tangan kanan, tempelkan telepon dekat telinga dengan benar, sebaiknya mikrophone jangan terlalu dekat dengan mulut.
  2. Usahakan nafas kita saat bicara ditelepon tidak terdengar seperti mendengus.
  3. Ucapkan salam.
  4. Tanyakan identitas penelepon.
  5. Gunakan “Smiling Voice” dan “Pitch Control” selama pembicaraan berlangsung.
  6. Simak baik-baik pesan dan kalimat penelepon.
  7. Apabila anda tidak mengerti, tidak ada salahnya anda mengulangi pertanyaan.
  8. Akhiri pembicaraan dengan salam.
  9. Letakkan gagang telepon dengan benar dan pas pada posisinya.
5.  Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat komunikasi menggunakan    telepon

1.      Suara terlalu keras.

2.      Bicara ditelepon sambil makan atau berdecak.

3.      Berbicara dengan orang lain selagi berbicara ditelepon.

4.      Berbicara dengan nada kasar atau membentak.

5.      Berbicara dengan nada memerintah.

6.      Membirkan penelepon menunggu terlalu lama tanpa penjelasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar